5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Home Cinema di Rumah

0 Comments

Apakah kamu salah satu orang yang suka dan juga hobi menyaksikan film-film di bioskop? Atau justru tidak punya banyak waktu untuk menonton karena segudang kesibukan? Nah, menonton memang butuh waktu yang panjang, belum lagi untuk film yang laris manis, pasti akan antre panjang, kan? Makanya, di sini membuat Home Cinema alias bioskop di dalam rumah menjadi solusi yang tepat. Sebenarnya bukan murni seperti bioskop yang ada sih, hanya saja kamu bisa merasakan nuansa bioskop minimalis di dalam rumah kamu. Lalu, bagaimana cara mewujudkannya? Nah, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Membuat Rencana Desain yang Matang

 

Rencana Desain Home Cinema

Membuat home cinema atau home theatre adalah hal yang bersifat mekanikal elektrikal alias perpaduan antara sesuatu yang sifatnya mekanis dan memerlukan supply tenaga listrik. Tapi, itu bisa dipikirkan di belakang ya. Hal yang penting pertama yang harus kamu matangkan adalah desain home cinema seperti apa yang kamu inginkan. Beberapa pertimbangan seperti ukuran dan lokasi ruangan dalam rumah menjadi sangat penting. Apakah kamu akan memakai ruang yang sudah ada sebagai home cinema atau butuh ruang baru di rumah. Selanjutnya, menentukan layout ruangan serta berbagai keperluan yang ada di dalamnya.

Konsep Home Cinema yang Kamu Inginkan

Setelah desain beres, kamu bisa menentukan tema seperti apa yang kamu mau. Tema ini bisa membuatmu lebih senang dan rileks saat menonton. Utamakan, tema yang dipakai adalah sesuatu yang kamu sukai. Jika memang tidak terlalu fanatik atau senang terhadap sesuatu, kamu bisa mencari gambar-gambar inspirasi yang bertebaran di internet dan pinterest. Kamu juga bisa memilih tema yang bernuansa vintage, modern, ataupun mewah. It’s up to you!

Menyiapkan Perlengkapan Audio dan Visual

 

Perlengkapan Audio dan Visual

Nah, poin maha penting lain dari home cinema adalah kelengkapan audio-visualnya, karena memang itulah yang menjadi penggerak dalam cinema atau film yang akan disaksikan. Untuk audio dan visual, kamu mungkin dan memang harus menggunakan tenaga dan bantuan dari kontraktor listrik, untuk memastikan semua elemen listrik berfungsi dan terpasang dengan baik di bioskop mini rumahmu. Yang jelas, saat membuat cinema di dalam rumah, kamu harus memilih proyektor yang lebar dan besar, untuk mendapatkan nuansa menonton di dalam bioskop beneran.

Baca juga: INGIN PUNYA INTERIOR RESTO HEALTHY? YUK SIMAK IDE DESAINNYA DI SINI

Memberi Sentuhan Home Cinema yang Nyaman

Sudah tentu, sebuah home cinema yang tidak abal-abal dan asal jadi juga memerlukan furniture dan perintilan yang mirip di bioskop. Sehingga pengalaman menonton juga akan berbeda dengan kamu menonton di televisi atau laptop. Mulailah dengan membeli pelapis dinding yang kedap akan suara, kursi yang empuk dan bisa bersandar dengan nyaman, serta pencahayaan yang tidak membuat sakit mata. Dengan tiga elemen yang sudah disebutkan, secara tidak langsung kamu bisa memberi pengalaman menonton yang sama antara di bioskop betulan dan home cinema milikmu.

Finishing Home Cinema

Finishing Home Cinema

 

Nah, yang terakhir, semua akan tetap menjadi rencana kalau kamu tidak merealisasikannya. Realisasikan mimpi di atas dan mulailah membangun home cinema impian. Tentu kamu memerlukan bala bantuan para kontraktor listrik, desainer, dan juga orang-orang yang paham dengan dunia layout bangunan. Mintalah bantuan para professional dan selesiakan home cinema-mu.

Langkah pembuatannya cukup mudah bukan? Tapi, selama proses pengerjaan, kamu sebagai orang yang ingin mempunyai home cinema harus terus memantau semua proses. Karena, kesempurnaan para pekerja juga berdasarkan arahan tepat dari sang pemilik cinema mini tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *