Tips Paling Mudah Ciptakan Interior Modern Khas Sunda

0 Comments

Jika membicarakan interior modern maka yang terbersit di benak kita adalah jauh dari kesan tradisional. Namun siapa sangka ternyata interior modern justru akan sangat memunculkan kesan estetika yang sangat tinggi jika dipadukan dengan konsep tradisional. Salah satunya adalah konsep tradisional khas sunda.

Tips Paling Mudah Ciptakan Interior Modern Khas Sunda

Interior sunda adalah interior yang selaras dan harmonis dengan alam di mana aplikasinya interior khas sunda selalu memadukan material-material alam seperti bambu, kayu, bilik, hingga batu. Konsep interior khas sunda ini sangat relevan sekali jika diterapkan di era sekarang di mana hari ini desain yang bernuansa serta ramah terhadap alam sangat diminati di semua lapis masyarakat.

Ciptakan Interior Modern Khas Sunda

Sunda merupakan satu suku yang mendiami bagian barat pulau jawa. Arsitektur rumah sunda sendiri adalah desain yang mengedepankan konsep fungsionalitas, kesederhanaan, keseragaman, kepolosan dan sedikit detail. Banyak interior saat ini yang ingin memasukkan kesan sunda namun tidak ingin susah atau bahkan tidak tahu caranya sehingga yang dilakukan adalah dengan menggunakan wallpaper dinding yang memiliki motif khas sunda. Namun pada dasarnya menerapkan kesan sunda pada interior khususnya interior modern bukanlah hal yang sulit, di antaranya:

1. Memunculkan batu alam atau tembok bata

Interior modern khas sunda akan terlihat kesannya dengan kuat jika memasukkan batu alam atau tembok bata. Batu alam ini dapat diterapkan sebagai tembok atau ditambahkan sebagai aksen dekoratif seperti tumpukkan batu alam yang disimpan di sudut ruangan atau dijadikan sebagai dekorasi furnitur seperti bingkai cermin dari batu alam, bingkai meja kaca dari batu alam dan jenis-jenis furnitur lain.

2. Gunakan material bambu

Interior khas sunda adalah interior yang memaksimalkan penggunaan bambu dari mulai pondasi rumah hingga ke furntur. Untuk desain interior modern khas sunda, perpaduan antara bambu dan material lain bisa menjadi pilihan yang tepat, artinya tidak menggunakan bambu secara keseluruhan ke dalam interior rumah. Misalnya saja memasukkan bambu dalam interior modern khas sunda hanya dalam partisi ruangan, hiasan dinding, pintu, atau furnitur.

Memasukkan bambu ke dalam interior ruangan selain memunculkan kesan sunda yang khas juga akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan mengesankan citra alam yang kuat.

3. Optimalkan cahaya alami di siang hari

Interior sunda adalah interior yang sangat menjungjung kesan alam. Untuk itu hingga ke detail cahaya pun interior sundah haruslah menyajikan cahaya alami. Interior modern khas sunda dapat diterapkan dengan mengoptimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan baik melalui akses jendela yang banyak, lebar, ruangan yang terbuka atau bahkan menggunakan skylight. Selain memunculkan kesan sunda, cahaya alami optimal yang masuk ke dalam ruangan dapat membuat ruangan menjadi sehat.

Baca juga: PENGERTIAN DAN MANFAAT CERMIN CEKUNG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

4. Cahaya yang lembut saat malam hari

Cahaya yang lembut saat malam hari jika memantul terhadap aksen-aksen bambu dan batu alam akan memunculkan kesan yang sangat nyaman dan kesan interior sunda pun akan semakin kuat. Cahaya yang dipakai dapat berwarna orange, putih lembut, dan kuning.

5. Jangan lupakan anyaman

Anyaman adalah salah satu ciri khas interior sunda yang paling terkenal. Untuk semakin memperkuat kesan sunda pada interior modern maka jangan lupakan anyaman. Anyaman dapat diterapkan sebagai dekorasi atau masuk ke dalam furnitur fungsional seperti kursi dan lemari.

Anyaman juga dapat diterapkan ke dalam dinding, namun jika sulit menemukan dan mengaplikasikannya, menggunakan wallpaper anyaman juga dapat menjadi pilihan yang bagus. Wallpaper anyaman dapat ditemukan di toko wallpaper dinding murah yang tersebar di semua kota-kota di Indonesia khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *